Rumah Pohon – SMPK 1 PENABUR Jakarta

Rumah Pohon sebuah cerpen karya Afrillianita Degrysa S, siswi kelas 7D SMPK I PENABUR Jakarta menjadi salah satu pemenang dari 5 (lima) pemenang harapan utama Lomba Menulis Cerpen Remaja (LMCR) yang diselenggarakan PT ROHTO Laboratories Indonesia secara tahunan (sejak tahun 2006), sungguh bukan suatu lomba menulis cerpen yang biasa-biasa saja. Bahkan bisa dikatakan, LMCR adalah sebuah lomba luar biasa karena lomba ini bersekala nasional.

“Perbedaan lainnya dengan lomba biasa, LMCR memiliki target lebih jauh, lebih mendalam, menanam spirit kreativitas, produktivitas, yang diharapkan kelak akan mengubah masyarakatnya.”

“Kegiatan menulis dan mengarang bukan semata-mata pendidikan yang terkait dengan estetika, tetapi sekaligus mengembangkan kepribadian yang tercerahkan, membentuk makluk sosial yang kenal apa arti hak dan kewajiban, pengabdian serta perjuangan untuk menggapai nilai-nilai kemanusiaan yang berbudaya dan beradab. Itulah sebabnya, kegiatan menulis tidak bisa dilepaskan dengan kegiatan membaca berbagai referensi yang bernas, bersosialisasi, mengamati lingkungan sekitarnya dan peka terhadap berbagai isu aktual sebagai sumber insiprasi”.

“Dalam kesempatan ini pula saya haturkan terima kasih tulus kepada seluruh peserta LMCR-2008 yang telah berkarya untuk dilombakan dan para kepala sekolah, dan guru yang telah memotivasi para siswanya untuk mengikuti lomba. Ini bukan pekerjaan yang ringan dan saya sangat menghargainya. Dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, peserta LMCR-2008 untuk Kategori B dan C, jumlahnya meningkat tajam demikian juga kualitasnya. Peserta seluruhnya (Kategori A, B dan C) berjumlah 4761 judul. Sebagai penghargaan, tahun ini Dewan Juri menambah jumlah pemenangnya yaitu sebagai Pemenang Karya Favorit. Untuk Kategori B, terdapat 20 Pemenang Karya Favorit dan 40 Pemenang Karya Favorit untuk Kategori C.”

Demikian antara lain kata sambutan dari ibu Dra. Naning Pranoto, MA, selaku Ketua Pelaksana LMCR-2008 pada saat pengumuman pemenang. (*p1)