Sentuhan Yang Menguatkan

Dalam sebuah penelitian, bayi yang diasuh dengan penuh perhatian dan mendapat banyak sentuhan kasih sayang berpeluang besar tumbuh menjadi orang dewasa yang tenang dan mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan.

Bukti lain menunjukkan bahwa sentuhan dapat memperbaiki kesehatan anak dan memperpendek masa tinggal bayi yang lahir premature di ruang inkubasi. Setiap orang perlu menyadari pentingnya sentuhan. Sentuhan membentuk hubungan fisik dan emosional antar manusia serta dapat menstimulasi Hormon yang membuat kita santai dan merasa aman.

Di sekolah kita mulai dikembangkan budaya baru untuk bersalaman. Setiap pagi bapak dan ibu Guru yang piket menyambut kedatangan siswa-siswi dengan berjabat tangan. Tujuannya adalah agar terjalin hubungan yang harmoni antara Guru dan Siswa untuk saling bekerja sama menciptakan proses belajar yang menyenangkan.

Ada baiknya semua siswa mengembangkan budaya tegur-sapa dan salam antar siswa setiap pagi sambil ber ”hallo apa kabar?”. Tentu akan menyenangkan bukan tatkala jemari kita bersentuhan dalam bersalam-salaman.
(buletin: kita-kita *p01 ed.Agust’07)